Kamis, 04 April 2013

Demamnya si Kecil (updated)

Anakku demam lagi, jam 4 subuh badannya mulai demam, jidatnya mengerenyit mungkin menahan pusing. Akhirnya gak masuk sekolah lagi. Mulai demam hari Rabu tanggal empat April. Malam mau tidur demamnya makin naik, memang belum sampai 39C, Alhamduillah, tapi tetep aja, demam tanpa disertai gejala batuk pilek bikin emak2 sedunia resah gelisah....

Hari Kamisnya masih demam dan yang paling bikin pusing adalah, setiap demam anakku susah banget minum, hadeeuuhhh... padahal dengan banyak minum, keringat bakal keluar dan demam pasti akan dengan sendirinya turun. Berhubung saya rada parno dengan demam. malamnya saya bawa ke dokter anak. Ajaibnya Raissa, anak saya ini langsung sehat dan tanpa demam pas nyampe ke tempat praktek dokter :D
Di periksa pun, kata dokter belum ketahuan gejala sakit apa? Akhirnya hanya dibekali resep, penurun panas Praxion Forte,  suplemen makanan Curmunos dan pengantar untuk cek darah kalo panasnya masih belum reda juga or, kalo reda tapi anak kelihatan gak lincah, musti di cek darah. 

Semalaman setelah dari dokter, suhu tubuhnya normal, sekitar 35.8C - 36.5C. Alhamdulillah,..semoga hari ini dia lincah gk demam dan mau makan minum. Biar besok gak usah ke Lab untuk cek darah. Aamiin....


Date: 07 April 2013
Tadi malam suhu badan Raissa naik lagi, aduh jadi deg2an nih, kan udah hari ke 4 ini. Saya putuskan ke RS Panti Rapih, berhubung minggu pagi, yang ada hanya dokter umum,dokter anak adanya jam 10:30 dan 17.00.

Saya daftar ke dokter umum, Raissa ngerengek inta di tes darah, anak saya ini emang kalo demam paling seneng di tes darah???? ajaib kan???.... 
Pas ketemu dokternya, Raissa minta ke dokternya: "dokter, minta di suntik sini." sambil nunjuk vena di lekukan lengannya. 
Dokternya jawab: "kamu gak demam nak, tuh lidah bagus, perut gak keras, gak usah di cek ya, kalo demamnya 39 lebih baru di cek darahnya."
Entah kenapa, wajah Raissa langsung berubah gitu, kek kecewa. Dan akhirnya kita cuma di kasih resep vitamin. Dan pulang, eitss..sebelum pulang harus kasih dia upeti, donuts... :D

Sampe rumah, wajahnya lesu, mata sayu dan dia bilang ngantuk mau bobo. Saya raba dahi dan ketiaknya kok mulai panas. Ambil Termometer, dan lha..37.8C... pas mulai pules kok makin panas, cek lagi 38.5C. Aduh mulai panik saya,...saya tungguin terus sambil cek suhu badan terus. Pas dia bangun, bibir merah, mata keluar air mata, badan panassss bgtdan suhunya 39,1C. 
Saya ambil Praxion Forte, kasih satu sendok takar (5ml), dan ngrayu dia untuk minum air putih agak banyak biar keringetan dan gak dehidrasi. 

Saya putuskan balik lagi ke RS Panti Rapih, saya tanya by phone, dokter anak adanya jam lima sore, ya sudah, daftar saja, lagi pula saat itu masih hujan. Jam empat ita berangkat, berharap dapat antri dulu, walau no. urut Raissa 19. Sampai di sana baru ada tiga orang, beserta anaknya yang sakitnya sama persis dengan Raissa... batuk, pilek, demam.

Lagi2 pas ditanya susternya sakit apa, Raissa colek2 saya. "Bunda, nanti minta di suntik sini ya" sambil bisik2.
Saya bilang ke susternya, kaget juga susternya. "Wah, gak takut ya Raissa di ambil darahnya? Nanti bilang ya ke bu dokter, minta ambil darah."
"oke." jawab Raissa ceria. Nah lo.... susternya ketawa sambil bilang, "kok seneng sih bu, di ambil darahnya, nanti nangis gak bu?"
"Kalo di ambil darah ama suntik, dari kecil gak pernah nangis, sus."
Susternya geleng2 sambil senyum :)

Setelah tes darah dan hasilnya di baca dokter. Raissa batuk, pilek plus demamnya ada virusnya. Virusnya yang bikin demam. Berhubung tidak adaindikasi radang, Raissa gk di kasih antibiotik. 
Resep dari dokternya:
- untuk batuknya: Comtusi sirup 3x1 sehari satu sendok takar (5ml)
- untuk pileknya:  Febrinex syrup 4x1 sehari (7.5ml) ----> tapi Raissa gak tahan, keringat berlebihan dan suhu badan turun drastis, karena obatnya mengandung Paracetamol 130mg/sendok takar. Akhirnya dosis saya turunkan jadi 5ml dan minumnya 3x saja.
- obat puyer Lactosa 3x1 sehari

Walau masih batuk dan pilek, alhamdulillah demamnya sudah sembuh. Hari ini (9 April) dia sudah mau di rayu untuk ke sekolah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar